Search Here

Wali Kota Mataram Pimpin Satgas, Camat, dan Lurah Tanggapi Bencana ditengah Masyarakat

Wali Kota Mataram Pimpin Satgas, Camat, dan Lurah Tanggapi Bencana ditengah Masyarakat

Wali Kota Mataram Pimpin Satgas, Camat, dan Lurah Tanggapi Bencana ditengah Masyarakat

  • Diterbitkan Oleh: Bidang
  • |
  • Pada: Dec 06, 2021

Mataram- Menanggapi fenomena hidrometeorologi yang terjadi akhir-akhir ini, Wali Kota Mataram H.  Mohan Roliskana pimpin langsung Satuan Tugas Kebencanaan, camat dan lurah untuk terjun langsung menangani bencana dan dampak bencana di tengah masyarakat.


“Terlebih dalam mengantisipasi peningkatan intensitas hujan, dan potensi tingginya air laut,” ungkapnya, Senin (06/12/2021).


Khusus camat, dan lurah diminta untuk tetap berada ditengah-tengah masyarakat dan terus memberikan informasi terbaru kepada Satgas Bencana Kota Mataram. Kewajiban ini menjadi perhatian khusus Wali Kota Mataram karena informasi yang masuk ke tim Satgas Bencana akan berpengaruh pada kecepatan penanganan bencana di titik yang dilaporkan.


Untuk mempermudah Satgas dalam penanganan, telah dibangun posko kebencanaan terpusat di Pendopo Wali Kota Mataram yang bertujuan untuk mengantisipasi dan menangani secara cepat kebencanaan yang terjadi. Dalam hal penanganan, posko ini menjadi kunci, terutama dalam koordinasi Satgas sekaligus menjadi pusat penjaringan informasi kebencanaan yang dilaporkan camat, lurah dan masyarakat luas.


Di posko Kebencanaan sendiri telah disiapkan alat-alat operasional penanganan bencana, dan petugas teknis kebencanaan serta petugas kesehatan yang berasal dari RSUD Kota Mataram dan Dinas Kesehatan Kota Mataram.


Selain kesiapsiagaan teknis penanganan bencana, Wali Kota juga meminta Dinas Sosial Kota Mataram menyiapkan skema pembuatan dapur umum, penyaluran logistik (sembako) sesuai Standar Operasional Procedure (SOP) yang berlaku, mana kala dibutukan.


Untuk hotline penanganan bencana Kota Mataram sendiri, pemerintah Kota Mataram telah menyiapkan jaringan komunkasi pada nomor : 087 865 416 999  / 112 (bebas pulsa). * (TKDiskominfo)

Share:
Tags: