Search Here

Kelurahan Pejanggik Wakili Kota Mataram Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Kelurahan Pejanggik Wakili Kota Mataram Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Kelurahan Pejanggik Wakili Kota Mataram Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Jun 14, 2019

Mataram – Kelurahan Pejanggik Kecamatan Mataram mewakili Kota Mataram dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019. Penilaian dilakukan oleh Tim dari Provinsi dilakukan pada hari Jumat (14/06/19) bertempat di Kelurahan Pejanggik Kecamatan Mataram, yang  dihadiri oleh Asisten I Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram Lalu Martawang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mataram Hj.Suryani Ahyar Abduh, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram ND. Kinnastri Mohan Roliskana, para Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Kota Mataram, serta jajaran Camat dan Lurah se Kota Mataram.

Pada kesempatan tersebut,Lurah Pejanggik Rakhmad Fakhrurozy memaparkan latar belakang terpilihnya Kelurahan Pejanggik untuk mewakili Kota Mataram dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi NTB. Dalam hal ini berbagai potensi, inovasi dan penghargaan yang diraih oleh Kelurahan yang dpimpinnya. Berdasarkan penjelsannya, Kelurahan Pejanggik dihuni sekitar 1.918 KK dengan rincian penduduk laki-laki berjumlah 4.044 jiwa dan penduduk perempuan berjumlah 4.050 jiwa.

Sampai saat ini Kelurahan Pejanggik telah meraih beragam prestasi dan penghargaan baik tingkat Kota maupun Tingkat Provinsi NTB, yang menurut Hasil analisa Prodeskel Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI atas beberapa indikator potensi dan perkembangan sampai dengan Tahun 2018 Kelurahan Pejanggik memiliki progres indeks menjadi 0,82 masuk dalam klasifikasi Kelurahan Swasembada Kategori Mula dengan Tipologi Jasa dan termasuk dalam Kategori Kelurahan Cepat Berkembang. Deretan inovasi yang telah dilaksanakan yaitu, Pro Edit yaitu surat menyurat secara digital; Bale Kreatif; Lembaga Adat Tindih Tate Care yaitu sebagai bentuk inovasi Pelestarian budaya; Angkringan Pos 3A yaitu usaha lingkungan yang dikelola oleh pemuda Majeluk; SI MAMA yaitu Program Kampanye Persampahan; dan WIKA ASRI.

Dalam sambutan Wali Kota Mataram yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram Lalu Martawang menjelaskan bahwa dengan adanya penilaian ini akan lebih bisa mendorong aparat pemerintah di Tingkat Kelurahan untuk lebih memposisikan dirinya sebagai penggerak dalam meningkatkan kualitas diri, keluarga dan masyarakat. “Insyallah Kelurahan Pejanggik dapat bersaing dengan peserta lomba lainnya dan bisa meraih prestasi tajun ini di tingkat Provinsi bahkan di tingkat Nasional”, Ucapnya. Menurut Martawang, melalui lomba ini Pemerintah Kota Mataram tidak semata mata hanya ingin memperoleh gelar juara tetapi tentunya agar lebih mamapu meningkatkan pelayanan khususnya pelayanan di Kelurahan. Karena Kelurahan merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah untuk dapat memaksimalkan segala bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Martawang juga mengatakan bahwa dengan semua inovasi – inovasi yang dimiliki oleh Kelurahan Pejanggik diharapkan bisa mewujudkan Kelurahan Pejanggik yang “GEMAH RIPAH”( Pejanggik Eksis, Mandiri, Aman, Harmonis, Religius, Partisipatif dan Amanah). Di akhir sambutan beliau berpesan apapun hasilnya nanti, Kelurahan Pejanggik tetap akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Menurut Ketua Tim Lomba Kelurahan Lalu Irman Sukmantara menjelaskan bahwa tujuan dari lomba ini adalah untuk mengevaluasi dan mendorong serta memberi motivasi  kepada Pemerintah Daerah, Pemerintaah Kelurahan serta Masyarakat untuk dapat mengikuti lomba secara sportif dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kelurahan

Beliau juga mengatakan bahwa Kota Mataram dua tahun berturut turut menorehkan prestasi terbaik sebagai juara terbaik Tingkat Provinsi NTB, yaitu pada tahun 2017 dijuarai oleh Kelurahan Banjar dan pada tahun 2018 dijuarai oleh Kelurahan Dasan Cermen. “Semoga di Tahun 2019 ini Kelurahan Pejanggik mudah-mudahan bisa meborehkan prestasi terbaik sehingga untuk tiga tahun berturut turut dapat menjadi juara tingkat provinsi NTB”,Ucapnya.(ndh/bani – humas)

Share:
Tags: