Search Here

Gebyar PAUD 2023 adalah ruang interaksi untuk memiliki satu pemahaman yang sama

Gebyar PAUD 2023 adalah ruang interaksi untuk memiliki satu pemahaman yang sama

Gebyar PAUD 2023 adalah ruang interaksi untuk memiliki satu pemahaman yang sama

  • Diterbitkan Oleh: Bidang
  • |
  • Pada: Aug 07, 2023

Gebyar PAUD 2023 adalah ruang interaksi untuk memiliki satu pemahaman yang sama


Mataram – Setelah berlangsung selama 3 hari, Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2023 resmi ditutup. Kegiatan ini menjadi ruang interaksi antara semua pihak, mulai dari peserta didik, para pendidik, orang tua murid serta Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait, menjadi sebuah sinergi dalam rangka mempersiapkan anak anak menuju Pendidikan formal. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana dalam pidato sambutannya di acara penutupan yang berlangsung di Taman Sangkareang, pada senin (07/08/23).


“Tujuannya adalah untuk kita sama sama memiliki pemahaman tentang pentingnya pembentukan kemampuan dasar sebagai pondasi Pendidikan menuju Pendidikan formal.” Ungkapnya dengan senyum sumringah.


Selain itu, orang nomor satu di kota Mataram ini mengapresiasi kerja progressive Bunda PAUD kota Mataram beserta pokja PAUD Dinas Pendidikan Kota Mataram yang mampu mewujudkan prosentase 100 persen PAUD Holistik Integratif di Kota Mataram.


Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD- HI) adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. Program PAUD HI ini djalankan melalui pembentukan Sekolah Ramah Anak mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan pengembangan model pembelajaran berbasis digital yang terintegrasi.


“Saya mengapresiasi kegiatan ini terutama laporan bahwa PAUD PAUD kita sudah menjadi HI. Ini merupakan satu Langkah besar bahwa dunia Pendidikan kita bisa terus memantapkan kualitras Pendidikan di kota kita. Ujarnya Kembali.


Di tempat yang sama, Bunda PAUD Kota Mataram, Hj Kikin Roliskana menyampaikan bahwa pelaksanaan Gebyar PAUD tingkat kota Mataram merupakan Implementasi dari Rapat Koordinasi Bunda PAUD Tingkat Provinsi NTB yang berlangsung pada Juni Lalu.


Dalam kegiatan ini, selain digelarnya 12 mata lomba yang meliputi Pembuatan APE, Cipta dan baca puisi, fashion show, menghias menu sehat, mendongeng bunda paud tingkat kelurahan,menyanyikan lagu solo,bersyair, gerak dan lagu, melengkapi dan mewarnai gambar, hapalan ayat pendek, hapalan Alkitab,dan hapalan Trisadya, di ajang ini juga diberikan beberapa penghargaan.


“Kami berikan apresiasi kepada 6 PAUD terbaik dari 6 kecamatan yang ada di kota Mataram. Selain itu diberikan penghargaan dari Provinsi kepada 3 PAUD HI dan 3 PAUD NON HI,” tuturnya yang disambut tepuk tangan meriah. Kegiatan closing ceremony dari gebyar PAUD 2023 Kota Mataram yang bertemakan “Melalui Gebyar PAUD kita sukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan mewujudkan Mataram Harum,” dibuka dengan defile 5000 peserta gebyar, yang dilanjutkan dengan beragam atraksi, salah satunya tarian massal 400 guru PAUD beserta peserta didiknya.


“Terima kasih kepada seluruh OPD, bunda paud sekota mataram, para guru dan kepala sekolah se kota Mataram, yang turut menyikseskan kegiatan ini, dan semoga Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bisa terwujud.” Pungkasnya. (TK-DISKOMINFO)

Share:
Tags: