Search Here

ASN Harus Menjaga Netralitas

ASN Harus Menjaga Netralitas

ASN Harus Menjaga Netralitas

  • Diterbitkan Oleh: Bidang
  • |
  • Pada: Jan 08, 2024

ASN Harus menjaga netralitas

Wali Kota : Jaga jari dan medsos agar tidak menjadi agen penyebar berita palsu


Mataram – Prinsip netralitas ini menekankan bahwa ASN seharusnya tidak terlibat secara politis,atau mendukung kelompok atau partai politik tertentu. Netralitas ini menjadi penting dalam menghadapi tahun yang penuh tantangan, terutama dengan adanya Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan datang.


Para ASN di lingkup Pemerintah Kota Mataram, diharapkan untuk menjalankan tugas-tugas mereka dengan profesionalisme, obyektivitas, dan integritas. Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, dalam gelaran apel perdana pada Senin (08/01/24) yang berlangsung di Halaman Kantor Wali Kota Mataram. 


"Kita berkumpul di awal tahun ini dengan harapan baru, namun kita juga dihadapkan pada situasi yang penuh dengan dinamika, terutama dengan adanya Pemilu yang sebentar lagi akan kita hadapi, Saya ingin menekankan kepada seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas dan profesionalisme kita sebagai ASN, saya tidak ingin ada catatan minor berkaitan dengan perilaku kita sebagai ASN, terutama berkaitan dengan sikap kita dalam melihat persoalan politik saat ini,” tegasnya kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kota Mataram, yang mengikuti apel perdana tersebut.


Menurutnya, prinsip netralitas ini menjadi penting untuk memastikan bahwa pemerintahan berjalan dengan adil, efisien, dan transparan. ASN yang netral dapat diandalkan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas tanpa terpengaruh oleh kepentingan politik yang bersifat sesaat, atau kelompok tertentu. Netralitas ASN juga merupakan salah satu aspek dari etika dan integritas dalam pengelolaan pemerintahan.


Selain itu, dalam konteks era digital saat ini, Wali kota juga menyoroti pentingnya menjaga perilaku di media sosial, Ia mengingatkan seluruh ASN untuk memastikan bahwa konten yang diunggah di platform media sosial pribadi mereka telah terkonfirmasi kebenarannya, dengan melakukan cek dan ricek sebuah konten.


"Jangan sampai kita menjadi agen penyebar berita palsu atau informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya, Jaga 'jari' dan medsos kita agar tidak menjadi alat penyebaran informasi yang merugikan," tambahnya.


Ia juga mengingatkan bahwa dalam konteks Pemilu, ASN harus menjauh dari aktivitas politik yang dapat merugikan diri sendiri ataupun integritas lembaga, serta memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, bahwa ASN adalah abdi negara yang bekerja untuk kepentingan bersama tanpa adanya kecenderungan politik tertentu.


Tak lupa orang nomor satu ini berpesan agar tetap menjaga konsistensi, komitmen dalam melaksanakan tugas dan pengabdian sebagai ASN, resolusi 2024 adalah memperbaiki kualitas pelayanan agar terus membangun citra positif di lingkup Pemerintah Kota Mataram.(TK-Diskominfo)


Share:
Tags: