Search Here

Wali Kota Mataram Rayakan Lebaran Topat di Makam Loang Baloq

Wali Kota Mataram Rayakan Lebaran Topat di Makam Loang Baloq

Wali Kota Mataram Rayakan Lebaran Topat di Makam Loang Baloq

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Jun 12, 2019

MATARAM – Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Lebaran Topat atau Lebaran Ketupat di Kota Mataram dibagi dalam dua titik acara. Yaitu di kawasan Makam Loang Baloq Kecamatan Sekarbela dan Makam Bintaro Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Pada perayaan Lebaran Topat tahun 2019 ini, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh memimpin perayaan Lebaran Topat di Loang Baloq, sedangkan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana memimpin perayaan Lebaran Topat di Bintaro. Perayaan Lebaran Topat Pemerintah Kota Mataram diawali dengan mengadakan syukuran dan makan bersama dengan menu ketupat lengkap dengan lauk pauk khas lebaran di Mushola Siti Aisyah Kantor Wali Kota Mataram. Baru setelah itu para pimpinan SKPD lingkup Kota Mataram dibagi dalam dua rombongan, sebagian mengiringi Wali Kota menuju Makam Loang Baloq, sedangkan sebagian lainnya bersama dengan Wakil Wali Kota menuju Makam Bintaro.

          Beberapa meter sebelum tiba di kawasan Makam Loang Baloq, tepatnya di ujung jembatan Loang Baloq, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh turun dari kendaraan dan disambut oleh sejumlah ormas serta komunitas adat dalam sebuah prosesi mendakin. Baru setelah itu Wali Kota diiringi para tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama berjalan kaki menuju area Makam Loang Baloq untuk melaksanakan prosesi selanjutnya. Diantaranya ngurisan atau cukur rambut bagi bayi-bayi yang dibawa oleh orangtua masing-masing ke lokasi acara, dan serakalanatau pembacaan syair puji-pujian kepada Allah dan rasul-Nya. Usai melakukan serangkaian ritual keagamaan bersama dengan masyarakat, Wali Kota beserta rombongan berjalan kaki menuju kawasan Pantai Loang Baloq untuk mengikuti puncak acara, yang untuk tahun 2019 ini bertema “Berkah Topat Mentaram 2019”, dengan puncaknya berupa prosesi pemotongan Topat Agung. Prosesi diakhiri dengan acara bejuretan atau berebut ketupat yang berada pada Topat Agung oleh masyarakat.

          Disampaikan oleh Lurah Jempong Muhammad Yusuf selaku Ketua Panitia, agenda Lebaran Topat yang jatuh pada setiap tanggal 8 Syawal di Kota Mataram selalu dirayakan secara khusus sebagai sebuah agenda tetap tahunan di Kota Mataram. Dijelaskannya, pada waktu yang bersamaan dengan pelaksanaan prosesi adat dan keagamaan di Makam Loang Baloq, di lokasi puncak acara yang berada di bibir pantai dilaksanakan pula dua macam lomba yang diikuti oleh masyarakat dari masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Sekarbela, yaitu lomba Ngulat Topat atau menganyam kulit ketupat, dan lomba Dulang Saji. Selain itu yang membedakan dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya, turut dilakukan pula agenda khusus melepas tukik atau anak penyu, yang pada baru pada tahun ini saja dilaksanakan. Tukik-tukik yang dilepaskan tersebut merupakan tukik hasil penangkaran di wilayah Kota Mataram. “Kita di Kecamatan Sekarbela punya penangkaran penyu, di Pantai Mapak Indah”, jelasnya.

          Sementara itu dalam sambutannya, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menegaskan bahwa perayaan Lebaran Topat merupakan sebuah kegiatan yang mengandung nilai agama sekaligus nilai budaya yang sangat tinggi, sebagai upaya untuk merawat adat istiadat yang ditinggalkan oleh para leluhur. Kegiatan ini setiap tahunnya selalu diikuti secara antusias oleh masyarakat Kota Mataram dan sekitarnya, baik yang mengikuti jalannya rangkaian ritual adat dan keagamaan, maupun yang sekadar berekreasi bersama dengan keluarga. Pada kesempatan seperti ini, hampir seluruh garis pantai Kota Mataram sepanjang 9 kilometer dipenuhi oleh masyarakat yang merayakan Lebaran Topat. Wali Kota mempersilahkan, namun juga memberikan pesan agar masyarakat tetap dapat menjaga ketertiban, keamanan, dan semangat kebersamaan. “Pada warga masyarakat terutama yang membawa anak-anak, hati-hati mandi di pantai. Orangtua harus tetap menjaga”, pesannya. (ufi/bni-humas)

Share:
Tags: