Search Here

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Sampaikan SPT Tahunan

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Sampaikan SPT Tahunan

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Sampaikan SPT Tahunan

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Feb 20, 2019

MATARAM – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh bersama dengan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana telah menyampaikan SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Tahun Pajak 2018 secara simbolis pada saat kunjungan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat beserta sejumlah jajarannya ke Kantor Wali Kota Mataram pada Rabu (20/02/19). Kunjungan Kepala KPP Pratama Mataram Barat beserta jajarannya diterima di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram dengan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito, jajaran Asisten, Staf Ahli, segenap pimpinan OPD, serta beberapa camat dan lurah se-Kota Mataram.

          Disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Mataram Barat Djunet Santoso, saat ini pihaknya tengah menggelar acara Pekan Penyampaian SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Tahun Pajak 2018 Melalui E-Filling. Target penerimaan pada tahun sebelumnya di KPP Mataram Barat sebesar 1,238 Triliun Rupiah telah mencapai 91,23 persen. Walaupun belum bisa mencapai angka 100 persen karena kondisi bencana, terdapat pertumbuhan sebesar 4,89 persen. Selain itu diakui pula bahwa

Dibandingkan dengan yang lain, capaian penerimaan SPT di KPP Mataram Barat sampai saat ini masih rendah. Baru mencapai 20 persen dari target sebanyak 21.000 SPT. Padahal secara nasional, sumbangan pajak terhadap APBN mencapai 72,57 persen, yang dipergunakan untuk pembangunan. “Melalui kegiatan ini kami berharap di Mataram pembayaran pajak bisa maksimal, bisa optimal”, tuturnya.

          Sedangkan mengenai kunjungannya ke Kantor Wali Kota Mataram, Djunet bersyukur bahwa Pemerintah Kota Mataram turut menghadirkan jajaran pimpinan OPD. Dengan demikian, bila pimpinan OPD dapat menyampaikan SPT lebih awal akan diikuti pula oleh jajarannya masing-masing. Karena sebagaimana Surat Edaran MENPAN No.8 Tahun 2015, adalah kewajiban seluruh jajaran ASN, TNI, dan Polri untuk menyampaikan SPT melalui sistem e-filling. Untuk itu KPP Mataram barat akan memfasilitasi dengan mendatangi kantor-kantor, ataupun bila pegawai mengalami kesulitan juga dapat dibantu di kantor KPP Mataram Barat. “Kami berharap jajaran Pemerintah Kota Mataram bisa menjadi contoh sebagai panutan sehingga masyarakat bisa mengikuti”.

          Sementara itu disampaikan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, dirinya menegaskan komitmen agar keluarga besar Pemerintah Kota Mataram dapat secepatnya menyelesaikan pelaporan SPT Tahunan, mulai dari dirinya bersama dengan Wakil Wali Kota Mataram, diikuti oleh para pimpinan OPD dan juga seluruh jajaran masing-masing. Karena selaku pemangku pemerintahan di Kota Mataram, sudah sepatutnya menjadi teladan bagi yang lain. Untuk itu akan disiapkan satu ruangan untuk ASN Kota Mataram melakukan konsultasi, supaya keluarga besar Pemkot Mataram termasuk sebagai yang taat pajak. “Ini juga akan masuk menjadi salah satu bagian dari pakta integritas pejabat-pejabat di Kota Mataram”, tegasnya. (ufi/tim-humas)

Share:
Tags: