Search Here

Wakil Wali Kota Buka Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil

Wakil Wali Kota Buka Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil

Wakil Wali Kota Buka Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: May 15, 2019

Mataram – Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana membuka secara resmi Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil, Rabu (15/05/19) bertempat di lapangan Taman Sangkareang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB Achris Sarwani, Kepala Divisi Regional Bulog NTB Ramlan UE, Kepala OJK NTB Farid Faletehan, serta Pimpinan Cabang Bank – Bank Umum di NTB.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana memberikan apresiasi kepada BI yang bersinergi dengan Bank – Bank umum di Prov NTB untuk melaksanakan kegiatan ini, menurutnya BI telah memahami kebutuhan dan memberikan pelayanan serta mengantisipasi hal – hal yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat selama dan menjelang Idul Fitri.

Mohan juga memberikan apresiai kepada Divisi Regional Bulog yang memenuhi kebutuhan masyarakat, dimana kebutuhan masyarakat biasanya selalu naik sekitar 20 - 30% menjelang lebaran, maka dibutuhkan kesiapan para pemasok untuk bisa mengantisipasi agar tidak terjadi aktivitas yang merugikan masyarakat.

Di akhir sambutannya. Mohan menghimbau kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh BI beserta Bank – Bank Umum yang ada di NTB, agar bisa dimanfaatkan sebaik –baiknya untuk beberapa hari kedepan dan tidak perlu memanfaatkan penukaran – penukaran uang ditempat lain.

Sebelumnya, kepala BI Perwakilan NTB Achris Sarwani menjelaskan kebutuhan uang yang direncanakan Perbankan yang ada di NTB sebesar 2,87 Trilyun meningkat dari tahun lalu yang hanya 2,6 Trilyun, khusus di Kota Mataram sebesar 1,9 Trilyun “ Jadi kebutuhan masyarakat ternyata meskipun kita terkena gempa tapi masyarakat alhamdulilah kegiatan aktivitas ekonominya tetap mulai kembali bangkit”, Ucapnya.

Achris juga menyebutkan jumlah Bank yang berpartisipasi dalam kegiatan ini bertambah dari tahun kemarin yaitu antara lain, Bank NTB Syariah, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Muamalat, BTN, Bank Bukopin, Bank Mantap (Mandiri Taspen), BPD Bali.

Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil sudah mulai dilaksanakan pada hari Senin kemarin tanggal 13 Mei 2019 akan tetapi baru dibuka resmi pada tanggal 15 Mei 2019. Kegiatan yang berlangsung sampai tanggal 28 Mei 2019 ini juga bersinergi dengan Divisi Bulog, dmana dengan adanya sinergi ini masyarakat bisa mendapatkan harga kebutuhan pokok yang terjangkau,

Kepala BI Perwakilan NTB mengatakan bahwa BI mencoba mengantisipasi kebutuhan uang yang bukan hanya secara langsung masyarakat menukar, akan tetapi juga menjaga ketersediaan uang yang ada di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Diseluruh NTB ada 1190 ATM, dan 507 ATM ada di Kota Mataram. Beliau menghimbau sebaiknya masyarakat melakukan penukaran di tempat – tempat yang resmi karena pada saat momentum lebaran biasany sering  ditemukan uang palsu, dan apabila menemukan uang palsu segera di laporkan ke BI atau ke pihak yang berwajib.

Pada kesempatan tersebut Kepala BI Cabang NTB juga menyerahan Program Sosial Bank Indonesia, yaitu berupa sarana prasarana pendukung kebersihan Taman Sangkareang yang diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana. (ndh/nyem-humas) 




Share:
Tags: