Search Here

Rakor Desk Pemilu 2019

Rakor Desk Pemilu 2019

Rakor Desk Pemilu 2019

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Apr 11, 2019

Mataram – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh hadir langsung dalam Rapat Koordinasi Desk Pemilu, Kamis (11/04/19) yang bertempat di ruang kenari Kantor Wali Kota Mataram. Rakor tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kota Mataram Husni Abidin, Jajaran Asisten Lingkup Pemerintah Kota Mataram, seluruh Pimpinan Organisasi Daerah (OPD) Kota Mataram, serta seluruh Camat dan Lurah se – Kota Mataram.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mengatakan bahwa rapat koordinasi kali ini adalah untuk mengambil langkah – langkah persiapan Pemerintah Kota Mataram dalam rangka mensukseskan PEMILU 2019. Beliau mengatakan bahwa Pemerintah Kota Mataram telah bertekad untuk mewujudkan PEMILU di Kota Mataram menjadi Pemilu yang Demokratis, Pemilu yang Bermartabat, Pemilu yang jujur, Berintegritas, berkualitas, dan Pemilu yang akan menjadi barometer  terbaik setidak – tidaknya di NTB.

Selain itu Ahyar juga menjelaskan tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2019 ini, yaitu ; yang pertama beliau ingin pada Pemilu 2019 nanti tingkat partisipasi masyarakat Kota Mataram meningkat dari Pemilu tahun – tahun sebelumnya; yang kedua pada hari Minggu tanggal 14 April 2019 nanti akan dilakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang akan dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas). Sedangkan untuk hari Senin tanggal 15 April 2019 penertiban APK akan dilakukan juga oleh seluruh ASN Pemerintah Kota Mataram ; dan yang ketiga Wali Kota Mataram mengatakan bahwa  Pemerintah Kota Mataram telah menyiapkan Desk Pemilu 2019 dengan posko berada di Pendopo Wali Kota Mataram.

Berbicara masalah netralisasi ASN, Wali Kota Mataram dengan tegas menyatakan bahwa seluruh ASN di Kota Mataram menegakkan prinsip netralisasi. “Hari Senin kemarin pada saat Apel bersama, saya telah memberikan waktu kepada Bawaslu untuk menyampaikan sosialisasi disitu saya sudah memberikan jaminan bahwa seluruh ASN di Kota Mataram benar – benar menegakkan prinsip Netralisasi sebagai anggota ASN”, Tegasnya. 

Ahyar juga mengajak seluruh Pejabat Pemerintah Kota Mataram untuk lebih fokus beberapa hari kedepan dalam kegiatan penyelenggaraan Pemilu, tidak boleh lengah dan terus melakukan evaluasi, pengawasan, harus selalu berada di tengah – tengah masyarakat agar kondusifitas terus terjaga dengan baik.

Mengenai jumlah surat suara yang ada di Kota Mataram, Ketua KPU Kota Mataram Husni Abidin mengatakan bahwa jumlah surat suara yang menjadi kebutuhan di Kota Mataram sekitar 1.480.000 lembar surat suara. Sedangkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Mataram berjumlah 293.192 minus satu yang merupakan warga Negara asing, jadi yang berhak memilih sekitar 293.191, yang semuanya tersebar di 1.274 TPS se – Kota Mataram.

Selain itu ada sekitar 4000 lebih Daftar Pemilih Tambahan yang ada di Kota Mataram, Husni menambahkan bahwa untuk Daftar pemilih Tambahan hanya akan memperoleh satu Surat Suara saja yaitu untuk Pilpres karena mereka kebanyakan berasal dari luar Provinsi NTB. Di akhir sambutannya Ketua KPU Kota Mataram meminta kepada semua pihak untuk berperan serta dalam menyukseskan Pemilu 2019. (ndh/bani-Humas)

Share:
Tags: