Search Here

Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 Kota Mataram

Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 Kota Mataram

Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 Kota Mataram

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Dec 30, 2019

Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 Kota Mataram

Mataram-Upacara puncak peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di Kota Mataram yang di gelar pada Hari Senin (23/12/19) di halamn Kantor Wali Kota Mataram berlangsung sangat istimewa. Petugas upacara yang seluruhnya perempuan dan para peserta upacara tampak lebih anggun mengenakan kebaya atau busana tradisional. Upacara yang dipimpin langsung oleh Sesepuh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh dihadiri oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito, Ketua GOW Kota Matram Hj. Kinnastri Mohan Roliskana, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram Hj. Herlina Udayani Eko Saswito serta segenap jajaran pimpinan Perangkat Daerah (PD) Lingkup Kota Mataram yang didampingi istri.

Dalam sambutannya Sesepuh GOW Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar abduh menjelaskan bahwa peringatan Hari Ibu tahun ini mengambil tema: ”Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. "Melalui tema ini berharap perempuan Indonesia masa kini merupakan perwujudan dari perempuan yang sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya", ucapnya. 

Suryani juga mengatakan melalui Peringatan Hari Ibu diharapkan menjadi momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak atau agent of change.

Di akhir sambutannya, Sesepuh GOW Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh menjelaskan Pemerintah tidak bisa menutup tentang situasi dan kondisi perempuan Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakukan diskriminatif, dan lain-lain. Menurutnya kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi,  pelibatan semua unsur masyarakat dan multistakeholder, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye atau gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan, dan pencapaian kesetaraan gender. 

"Demikianlah beberapa hal dan harapan yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini, Selamat Hari Ibu ke-91, Semoga Peringatan Hari Ibu tahun ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan", Tutupnya. 

Puncak Peringatan Hari Ibu dilanjutkan dengan Defile antar OPD dan Organisasai Wanita sebagai juara pertama di raih oleh Dinas PUPR, untuk juara II dan III di raih oleh Satpol PP dan DP3A, sedangkan juara favorit di raih oleh Setda Kota Mataram. Setelah Defile, para Kepala Perangkat Daerah beserta istri mengikuti Tasyakuran yang diadakan di Pendopo Wali Kota Mataram dan anjang sana ke kediaman Sesepuh Organisasi Wanita Se- Kota Mataram. (ndh/bani-humas)

Share:
Tags: