Search Here

Penutupan Gebyar PBB 2019

Penutupan Gebyar PBB 2019

Penutupan Gebyar PBB 2019

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Dec 23, 2019

Penutupan Gebyar PBB 2019

Mataram-Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menutup Gebyar PBB 2019 bertempat di halaman Pendopo Wali Kota Mataram, pada Kamis pagi (12/12/19). Turut hadir pada acara tersebut Wakil Wali Mataram H. Mohan Roliskana, Kepala DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Perwakilan Bank NTB, Jajaran Pejabat Pemerintah Kota Mataram dan Kepala Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram H. Syakirin Hukmi melaporkan  kegiatan pembayaran Gebyar PBB 2019 dilaksanakan sejak tanggal 5 Agustus 2019, dengan jumlah wajib pajak yang membayar 37. 537 atau sebesar 16.307.391.431 Rupiah Sedangkan realisasi pembayaran sampai dengan tanggal 10 Desember 2019 sebesar 25.918.699.733 Rupiah atau 99,69 persen dari target sebesar 26 milyar. 

Dalam upaya peningkatan pelayanan pembayaran pajak khususnya untuk PBB, Syakirin menjelaskan bahwa pada saat pembukaan gebyar kemarin BKD Kota Mataram melakukan pilot project yaitu dengan memakai alat yang disebut PDT (Portable Data Transaksi). “Kalau selama ini keluhannya adalah wajib pajak  tidak bisa dilayani oleh mobil keliling, tetapi dengan alat PDT yang dibawa oleh petugas bisa langsung tersambung dengan server di BKD, sehingga langsung menerima bukti pembayaran, sehingga wajib pajak lebih bisa di datangi langsung kerumah”, jelasnya. Ia juga mengatakan, BKD Kota Mataram rencananya untuk tahun kedepan akan dikembangkan kembali dan akan mencoba dengan menambah alat tersebut, sehingga satu kecamatan minimal mendapatkan 3-4 alat, dan nantinya bisa meningkatkan pendapatan Kota Mataram dan wajib pajak bisa terlayani dengan lebih baik. Kepala BKD Kota Mataram di akhir sambutannya menambahkan bahwa satu atau dua hari kedepan target yang sudah ditetapkan di dalam APBD Tahun 2019 ini bisa tercapai atau melampaui 100 persen. 

Sedangkan dalam sambutan penutupannya Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut bekerja keras dalam rangka pencapaian target dari pembayaran PBB 2019. 

Ahyar juga menjelaskan bahwa dari tahun ketahun warga masyarakat Kota Mataram khususnya wajib pajak punya tingkat kesadaran yang tinggi terhadap kewajibannya. Dari potensi sebesar 31 milyar pada Tahun 2019 ditargetkan penerimaan PBB pada APBD sebesar 26 milyar.”Tadi sudah dilaporkan ini sudah mau mencapai 100 persen sampai dengan hari ini, masih ada 2 minggu lagi, butuh kerja keras lagi, saya yakin kita akan bisa melampaui 100 persen”, Katanya.

Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menambahkan salah satu komponen sumber pembiayaan yang sangat potensial dan penting itu adalah dari pajak retribusi atau PAD (Pendapatan Asli Daerah), yang salah satunya adalah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Untuk kedepannnya Ia berpesan untuk semua potensi yang ada di Kota Mataram untuk terus di maksimalkan dengan pendataan yang benar-benar valid. Selain itu Ahyar juga mengatakan bahwa tidak hanya mengejar pajak PBB saja akan tetapi pajak-pajak yang lain juga, bila perlu harus punya data yang jelas, berapa potensi pajak,kemudian berapa wajib pajak yang sudah menyelesaikan pajak-pajaknya, sehingga akan tahu mana yang masih belum bayar, menunggak dan sebagainya. Di akhir sambutannya Ahyar berharap mudah-mudahan kedepan Kota Mataram akan lebih baik, lebih maju, dan masyarakatnya lebih sejahtera.

Acara dilanjutkan dengan penarikan dan pengundian kupon undian door price bagi wajib pajak Kota Mataram Tahun 2019.(ndh/bani-humas) 

   

Share:
Tags: