Search Here

Penandatangan MoU Layanan Informasi Publik Pemerintah Kota Mataram Dengan LKBN ANTARA

Penandatangan MoU Layanan Informasi Publik Pemerintah Kota Mataram Dengan LKBN ANTARA

Penandatangan MoU Layanan Informasi Publik Pemerintah Kota Mataram Dengan LKBN ANTARA

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Jun 25, 2019

Mataram – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menghadiri Acara Penandatangan Nota Kesepahaman/MoU Layanan Informasi Publik Pemerintah Kota Mataram dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA, Selasa (25/06/19) bertempat di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram. Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari LKBN ANTARA Dirut PT.IMQ Multi Media Utama Darmadi, Manajer Direksi PT. Data Indo Media (Korea) Lee Jong Pyo, CEO BBCOMM (Malaysia) Thomas Soe, jajaran Asisten Lingkup Pemerintah Kota Mataram, serta para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Mataram.

Menurut Darmadi yang merupakan perwakilan dari LKBN ANTARA dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan beliau datang ke Kota Mataram adalah menjadi Public Relation (PR) nya Negara, dimana ANTARA selalu memberikan jejak – jejak tentang kebaikan, bagaimana agar bisa menggiring opini masyarakat agar selalu berpikir baik, dan mengajak masyarakat meyakini bahwa Negara atau pemerintah bekerja sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari peran Negara dan pemerintah. Jadi ANTARA ingin selalu menghimbau atau juga ingin memerangi berita – berita hoak, berita – berita yang gak jelas sumbernya, maka dari itu ANTARA tampil ingin menyampaikan informasi yang selalu membuat masyarakat berpikir baik dan positif.

ANTARA punya rencana ingin memasang media – media publik baik indoor maupun outdoor di seluruh Indonesia. Sudah ada sekitar 20 Kota/Kabupaten yang sudah bekerjasama menyangkut perihal pemasangan layanan informasi publik. Ada dua jenis kerjasama dengan ANTARA yaitu, yang pertama Indoor yang biasanya di pasang d Rumah Sakit atau tempat – tempat dimana ada kerumunan publik sehingga nanti pesan dari Pemerintah bisa disampaikan kepada masyarakat; yang kedua Outdoor  yaitu Pemerintah menyediakan tempat yang strategis artinya tempat yang gampanng dan banyak dilihat publik, sehingga pesan dari pemerintah bisa dilihat langsung oleh publik.

Darmadi menjelaskan bahwa 40% kontennya dari Pemerintah Kota Mataram dan 60% dari ANTARA. Untuk yang 60%, isinya tentang informasi dari Kota – kota lain, sehingga masyarakat Kota Mataram akan mengetahui juga berita - berita dari Kota lain. Sebaliknya juga berita dari Kota Mataram akan di publis di media jaringan ANTARA di seluruh Indonesia. Jadi itulah konsep layanan informasi publik yang tersebar di seluruh Kota/Kabupaten di Indonesia. "Mudah – mudahan nanti dengan kerjasama ini memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat kota mataram", Ucap Darmadi.

Menanggapi penjelasan dari perwakilan LKBN ANTARA, Wali Kota Mataram H.Ahyar Abduh menyambut baik kerjasama tentang Layanan Informasi Publik dan mudah – mudahan akan terus berlanjut sehingga bisa diperluas pada bidang – bidang yang lain. Menurut Ahyar dengan penandatanganan ini akan membuat Kota Mataram menjadi pusat pemasaran serta pusat informasi. Selain itu penandatangan MoU tentang Layanan Informasi Publik sebagai salah satu pintu untuk bisa membuka, menyalurkan dan menginformasikan segala perkembangan yang ada di Kota Mataram. Nanti berita - berita tentang perkembangan Kota Mataram tidak hanya ada di media yang ada di Kota Mataram saja, akan tetapi akan tersebar di seluruh jaringan ANTARA di Indonesia. “Makanya saya bersemangat betul untuk bisa menandatangani MoU ini”, Tegasnya Ahyar.

 

Acara dilanjutkan dengan Penandatangan Nota Kesepahaman atau MoU Pelayanan Informasi Publik Pemerintah Kota Mataram dengan Perum LKBN ANTARA yang dilakukan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dan Darmadi yang mewakili DIRUT Perum LKBN ANTARA dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Penyebarluasan Layanan Informasi Publik yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram dengan Dirut PT.IMQ Multi Media Utama. (ndh/bani-humas)

Share:
Tags: