Search Here

Pemkot Mataram Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019

Pemkot Mataram Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019

Pemkot Mataram Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Nov 12, 2019

Pemkot Mataram Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019


Mataram - Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap hari 10 November diperingati oleh Pemerintah Kota Mataram dengan menggelar upacara pada Senin (11/11/19) di Halaman Kantor Wali Kota Mataram. Upacara yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh diikuti oleh keluarga besar Pemerintah Kota Mataram, serta mengundang perwakilan veteran pejuang kemerdekaan untuk menerima secara simbolis paket sembako sebagai bentuk tali asih dan kepedulian keluarga besar Pemerintah Kota Mataram, yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko saswito.


Dalam amanat tertulis Menteri Sosial RI Juliari P Batubara yang dibacakan oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, disampaikan bahwa dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. “ Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "...hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar..." “, Ucapnya. 


Peringatan Hari Pahlawan lanjut Ahyar adalah untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini". Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.


Masih dalam sambutannya, Ahyar mengatakan jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi semua bisa yaitu dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional.


“Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia”, Tutupnya.(ndh/bani-humas)