Search Here

Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XIV & XVII Pemerintah Kota Mataram Pola Kemitraan Dengan Pemerintah Provinsi NTB 2019

Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XIV & XVII Pemerintah Kota Mataram Pola Kemitraan Dengan Pemerintah Provinsi NTB 2019

Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XIV & XVII Pemerintah Kota Mataram Pola Kemitraan Dengan Pemerintah Provinsi NTB 2019

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Sep 23, 2019

Mataram- Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana membuka secara resmi Pelatihan Dasar [Latsar] CPNS Angkatan XIV & XVII Pemerintah Kota Mataram PolaKemitraan Dengan Pemerintah Provinsi NTB 2019 pada Senin [23/09/19] bertempat di Aula Hotel Graha Ayu. Acara di hadiri oleh Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah [BPSDMD] Prov. NTB Tri Budiprayitno, jajaran Staf Ahli dan Asisten Pemerintah Kota Mataram, dan seluruh Pimpinan Perangkat Daerah [OPD] Lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Dalam laporan panitia yang dibaca kan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia [BKPSDM] Kota Mataram Baiq. Nelly Kusumawati mengatakan bahwa Latsar kali ini memang dilakukan di Hotel akan tetapi akan tetap di setting oleh pelatih TNI AD sehingga para CPNS akan tetap merasa seperti di barak/asrama yang benar-benar mereka akan ditempa mental dan karakter mereka untuk menaati segala peraturan yang telah ditetapkan dengan bersungguh-sungguh sehingga harapan nantinya akan mencetak PNS yang professional dan berkarakter. Tujuan di adakan Latsa rmenurut Nelly adalah untuk mengembangkan kompetensi cpns yang dilakukan secara terintegrasi dengan pola penyelenggaraan pelatihan yang memadukan pelatihan classical dengan non classical dan kompetensi social cultural dengan kompetensi bidang, sedangkan sasaran yang akan dicapai adalah terwujudnya PNS yang berkarakter yang mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat.

Jumlah Latsar CPNS Angkatan XIV & XVII berjumlah 260 orang yang terbagi menjadi dua angkatan dengan rincian sebagai berikut, Angkatan pertama berjumlah 148 orang terbagi menjadi empat kelas, kemudian Angkatan Kedua berjumlah 112 terbagi menjadi tiga kelas. Waktu dan tempat pelaksanaan Latsar dilaksanakan selama 51 hari dengan penjelasan sebagai berikut, Angkatan XIV on Campus dari tanggal 23 September sampai tanggal 12 Oktober 2019 (18 Hari) kemudian off Campus mulai tanggal 13 Oktobersampai 18 November (30 Hari) dan on campus kembali daritanggal 19 November sampaitanggal 21 November 2019 (3 Hari). Sedangkan Angkatan XVII sejaktanggal 14 Oktober sampai tanggal 2 November 2019 (18 Hari) dan off campus darisejaktanggal 3 November sampai tanggal 9 Desember 2019 (30 Hari) kemudian on Campus lagi sejak 10 Desember sampai tanggal 12 Desember 2019 (3 Hari).

Sedangkan dalam sambutan pembukaannya, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengatakan bahwa inilah langkah pertama yang harus dijalani dalam fase perjalanan hidup yang begitu panjang. Menurut Mohan meniti karir sebagai ASN maka akan masuk dalam sistem birokrasi yang komplek, rumit, dan dinamik tetapi disitulah dinamika hidup dalam sebuah sistem birokrasi. “Memang dalam sistem Birokrasi selalu ada aturan-aturan tetapi disitulah ada tuntutan dan beban tugas yang luar biasa”, Tegasnya. WakilWali Kota Mataram juga menjelaskan bahwa ketika Peserta Latsar memutuskan untuk menjadi ASN sebagai salah satu langkah hidup maka harus bekerja dengan baik, bekerja dengan penuh integritas dimana integritas itu adalah satu kesatuan antara tindakan dan ucapan.“ Jalani karir kalian dengan baik, selamatkan diri kalian dari hal-hal yang negatif ,laksanakan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab”, Ucapnya.

Sebelumnya Kepala BPSDMD Provinsi NTB Tri Budi prayitno mengatakan bahwa meskipun Latsar dari Kota Mataram dilaksanakan di Hotel Graha Ayu akan tetapi standart-standart akan tetap di super visi dari Provinsi NTB sehingga layak menjadi sebuah diklat bagi CPNS. Untuk pelatih Tri Budi prayitno menyebutkan ada 28 Widya iswara yang berasal dari BPSDMD Provinsi NTB. (ndh/nyem-humas)


Share:
Tags: