Search Here

Kota Mataram Bersiap Sambut Kafilah STQH 2023

Kota Mataram Bersiap Sambut Kafilah STQH 2023

Kota Mataram Bersiap Sambut Kafilah STQH 2023

  • Diterbitkan Oleh: Bidang
  • |
  • Pada: May 05, 2023

Kota Mataram Bersiap Sambut Kafilah STQH 2023

Wakil Wali Kota : Kegiatan ini bisa memperkuat sisi spiritual warga Kota Mataram


Mataram – Dipilihnya Kota Mataram sebagai tuan rumah ajang STQH (Seleksi Tilawah Qur'an dan AlHadits) yang akan berlangsung pada Tanggal 17 - 23 Juni 2023, diharapkan mampu menghadirkan keberkahan bagi kota Mataram. Hal ini disampaikan Wakil Wali kota Mataram, TGH Mujiburrahman saat menerima laporan persiapan acara oleh Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Nusa Tenggara Barat di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram pada Jum’at (05/05/2023).



”Mari kita sambut tamu tamu ini dengan baik. Semoga melalui kegiatan ini ada Keberkahan untuk Kota Mataram, sehingga kegiatan ini mampu menjadi semacam magnet dalam memperkuat sisi spiritual warga Kota Mataram”. Tuturnya


Selain itu Wakil Wali Kota Mataram yang juga bertindak sebagai Ketua LPTQ Kota Mataram, meminta kepada seluruh kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk terjun langsung sebagai panitia, dan total dalam memberikan dukungan moril dan materil demi kesuksesan penyelenggaraan kegiatan tersebut.


Pria asal Sekarbela Mataram ini juga menimta kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk mampu bertindak sebagai tuan rumah yang baik, dengan menjaga kondusifitas, keamanan, kenyamanan, serta kebersihan kota ini, dan tidak lupa memberikan dukungan kepada kafilah kota Mataram yang ikut turun di ajang tersebut.


”Dengan menciptaan suasana religi dan menjaga kondusifitas, merupakan salah satu wujud kita untuk menjadi tuan rumah yang baik, dan semoga kafilah kota Mataram bisa memberikan hasil yang terbaik,“harapnya di ujung sambutannya.


Di lain pihak, H. Abdul Aziz selaku Ketua LPTQ Provinsi NTB, menyampaikan Rancangan laporan terkait persiapan acara STQH yang akan di laksanakan di Kota Mataram, dimana kegiatan ini diawalai dengan penerimaan dan pendaftaran peserta dimulai dari Tanggal 17 Juni dari Jam 08 pagi hingga 17.00 sore, dan di lanjutkan dengan Malam Ta’aruf yang dimulai dari jam 19.30. Sedangkan untuk pawai Ta’aruf di laksanakan pada Tanggal 18 Juni, dan akan melibatkan Masyarakat serta Sekolah yang ada di Kota Mataram, selanjutnya pada malam harinya kegiatan resmi akan dimulai, dimana dalam kegiatan tersebut juga sekaligus dilakukan pengukuhan Dewan Hakim yang berjumlah 53 orang, ditambah 1 Ketua serta 1 Sekretaris Dewan Hakim dan 10 panitera, 10 Panitia, 5 Pengawas. Sedangkan untuk upacara penutupan dijadwalkan berlangsung pada tanggal 23 Juni 2023.


”Untuk tempat acara kami serahkan ke tuan rumah dari pembukaan sampai penutupan”. Ungkapnya dalam laporan persiapan acara tersebut.


Lebih jauh, Ia menambahkan untuk 5 majelis yang dilombakan, yaitu majelis 1 Tilawah anak-anak dan Dewasa, Majelis 2 (1 dan 5) Jus Tilawah, Majelis 3 (10 dan 20) hafalan Al’Quraan, Majelis 4 (30 dan Tafsir Bahasa Arab dan terakhir Majelis 5 hafalan 100 Hadis dengan sanad dan hafalan 500 Hadis tanpa Sanad. 


Seleksi Tilawatil Qur'an dan hadits (STQH) adalah ajang lomba yang di laksanakan untuk mengukur kemampuan, mencintai dan menguasai serta memahami isi yang terkandung dalam kitab suci Alqur'an dan Hadits. Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang bathil. Dalam prespektif budaya maka seleksi Tilawatil Qur'an adalah seni membaca Al-Qur'an, maka membaca dan mengkaji isi Al-Qur'an adalah bagian dari ibadah. (TK-DISKOMINFO)

Share:
Tags: