Search Here

Komitmen Menjadi Kota Cerdas di masa Depan

Komitmen Menjadi Kota Cerdas di masa Depan

Komitmen Menjadi Kota Cerdas di masa Depan

  • Diterbitkan Oleh: Bidang
  • |
  • Pada: Nov 08, 2023

Komitmen Menjadi Kota Cerdas di masa Depan


Mataram – Sebagai salah satu Instansi Terbaik dalam pemanfaatan Layanan Pusat Data Nasional Tingkat Kota Mataram Tahun 2023, dan Indeks SPBE Kota Mataram yang mencapai angka 3.16 dalam kategori (Baik), Pemerintah Kota Mataram berkomitmen untuk berupaya memberikan yang terbaik dalam implementasi program Kota cerdas atau smart city. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa saat mengikuti Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap II via Zoom Meeting pada Rabu (08/11/23), di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram.


“Untuk itu Kami akan berusaha semaksimal mungkin dengan stakeholder terkait untuk Capaian yang lebih baik lagi di Tahun 2024 yang akan datang”.Ungkapnya disambut tepuk tangan para peserta yang hadir Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram.


Dalam pemaparannya, Pak Nyoman, demikian sapaan akrabnya, menjelaskan Komitmen Pemkot Mataram dalam Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) didasarkan melalui MoU Gerakan Menuju 100 Smart City dan MoU Smart City KPPN RPJMD 2017 – 2021 hingga RPJMD 2021 – 2026, dan dalam Pelaksanaan Program Kota Cerdas (Smart City) tersebut, berpedoman pada Perwal Nomor 34 Tahun 2019.


Lebih lanjut dijelaskan olehnya, proses integrasi 6 Pilar Program Smart City yakni: Smart Governance, Smart Economy,Smart Branding, Smart Society Dan Smart Living Serta Smart Environment di kota Mataram, dalam Pelaksanaannya selalu melibatkan berbagai pemangku kepentingan mulai dari Pemerintah Kota Mataram , Dunia Usaha, Perguruan Tinggi hingga Masyarakat Kota Mataram.


“Ini merupakan bagian dari adaptasi dengan perkembangan digital untuk memberikan kemudahan serta kecepatan dalam pelayanan kepada masyarakat.” Pungkasnya sambil tersenyum.


Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan Evaluasi dan Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Di tahap II, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, melaksanakan kegiatan Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap II, bertujuan untuk menilai hasil implementasi program laporan hasil Monitoring serta progres sejauh mana Kota Cerdas (Smart City) di Tahun 2023 ini.(TK-Diskominfo).

Share:
Tags: