Search Here

Jambore Kader PKK Tingkat Kota Mataram Dirangkaikan Dengan Pencanangan GERMAS Tahun 2019

Jambore Kader PKK Tingkat Kota Mataram Dirangkaikan Dengan Pencanangan GERMAS Tahun 2019

Jambore Kader PKK Tingkat Kota Mataram Dirangkaikan Dengan Pencanangan GERMAS Tahun 2019

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Dec 23, 2019

Jambore Kader PKK Tingkat Kota Mataram Dirangkaikan Dengan Pencanangan GERMAS Tahun 2019

Mataram-Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana membuka secara resmi Jambore Kader PKK Kota Mataram dirangkaikan dengan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kota Mataram Tahun 2019, bertempat dilapangan Bumi Gora pada hari Jumat pagi (6/12/19). Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh, Ketua GOW Kota Mataram Hj. Kinnastri Mohan Roliskana, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram Herlina Eko Saswito, Pimpinan Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemerintah Kota Mataram, dan Ketua TP.PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Mataram beserta pengurusnya.

Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dalam sambutan pembukaannya mengatakan dengan jumlah kader PKK Kota Mataram yang hampir 2000 ini menggambarkan bahwa TP.PKK berasal dari rakyat, oleh rakyat dan semuanya untuk rakyat dan juga sebagai mitra pemerintah dalam rangka melaksanakan bermacam-macam program pemerintah. 

Ia juga menambahkan TP.PKK merupakan ujung tombak pelaksanaan seluruh kegiatan program-program pemerintah dan juga ikut mensukseskan program pemerintah.”Meskipun paradigma sekarang bergeser tentang peran-peran wanita tetapi tentu TP.PKK khususnya ibu-ibu semakin bisa menguatkan diri,sebagai posisi mereka sebagai orang yang bertanggung jawab tidak hanya sebagai manager di dalam rumah tangga tetapi ibu-ibu rumah tangga juga bisa memainkan peran-peran sosial kemasyarakatan”, Katanya. 

Mohan berharap para kader PKK bisa hadir di dalam setiap isu-isu yang krusial-krusial karena saat ini banyak isu-isu pemerintah yang perlu diatasi bersama. Misalnya isu Lingkungan hidup tentang persampahan, isu kesehatan tentang stunting, kenakalan remaja, kemiskinan. “Dan ibu-ibu TP.PKK melalui program-programnya bisa pemerintah sebagai ujung tombak kita, karena ibu merupakan TP.PKK yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan sangat menjadi motor penggerak kami, kami ini pemerintah yang tidak semua hal bisa kami tangkap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat”, Ucapnya.

Sedangkan dalam sambutannya Ketua TP.PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh menjelaskan bahwa TP.PKK sebagai suatu organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai mitra Pemerintah di dalam membantu melaksanakan program-program pembangunan melalui 10 Program Pokok PKK dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga. Sebagai mitra kerja pemerintah, TP.PKK dengan 10 program pokok PKK yang pada dasarnya bermuara pada masing-masing OPD, terutama program-program yang berkaitan dengan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi. 

Suryani juga menjelaskan keberadaan PKK sangat besar perannya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui para kader sebagai ujung tombaknya dilapangan. Sejalan dengan perkembangan zaman, ke depan tantangan kiprah PKK dan para kader dalam pembangunan akan semakin berat, oleh karena itu ia berharap para kader perlu terus belajar dan meningkatkan kualitas diri melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat praktis dan mengharapkan agar para kader tetap melaksanakan dan meningkatkan semangat pengabdian dengan niat ikhlas, kerjasama baik dengan seluruh para kader maupun dengan berbagai pihak lainnya.

Salah satu bentuk perhatian TP.PKK Kota Mataram kepada para kader, menurut Suryani yaitu dengan mengusulkan kepada Bapak Wali Kota Mataram agar insentif kader ditambah. Selain itu para kader juga diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang berskala lokal maupun Nasional, diantaranya melalui kegiatan Jambore Kader. Jambore Kader akan digelar selama dua hari yaitu pada tanggal 6 s/d 7 Desember 2019 dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti : lomba-lomba penyuluhan, lomba gembira sebagai motivasi untuk menambah wawasan, serta sebagai ajang silaturahmi antar para kader untuk bertukar pengalaman.

Dalam Jambore Kader kali ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yaitu dengan tujuan untuk menggerakkan masyarakat melakukan pola hidup sehat kepada seluruh elemen masyarakat sebagai salah satu upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui pendekatan keluarga dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin minimal 30 menit setiap harinya, konsumsi sayur dan buah setiap hari. “Melalui Kampanye Germas diharapkan dapat menanamkan pola hidup sehat masyarakat khususnya masyarakat Kota Mataram dengan membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat”,Kata Suryani. (ndh/bani/sem-humas)

     

  



Share:
Tags: