Search Here

DHARMA SANTI PEMERINTAH KOTA MATARAM KUATKAN PERAN ASN SEBAGAI ABDI NEGARA

DHARMA SANTI PEMERINTAH KOTA MATARAM KUATKAN PERAN ASN SEBAGAI ABDI NEGARA

DHARMA SANTI PEMERINTAH KOTA MATARAM KUATKAN PERAN ASN SEBAGAI ABDI NEGARA

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Apr 21, 2019

Mataram- Meski Hari Nyepi Tahun Saka 1941 telah berlalu lebih dari sebulan yang lalu, namun tidak mengurangi semangat para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Mataram untuk hadir dan meramaikan kegiatan Dharma Santi sebagai wujud kebersamaan pegawai dan guru yang beragama Hindu di Kota Mataram yang tergabung dalam Banjar Hindu Dharma Yasa. Kegiatan Dharma Santi berlangsung hari Minggu (21/4) di Taman Mayura, dihadiri ratusan ASN lingkup Pemerintah Kota Mataram, undangan dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan menghadirkan penyaji Dharma Wacana kondang dari Bali yaitu Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Nanda.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Dharma Santi Pemerintah Kota Mataram 2019 I Made Putu Sudarsana menyampaikan bahwa pelaksanaan Dharma Santi memang sedikit tertunda dikarenakan fokus tercurah pada pelaksanaan Pemilu 2019, dimana sebagian besar ASN mengemban tugas terkait kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Meskipun demikian, hal ini menjadi relevan dengan dipilihnya tema “Dharma Negara, Harmoni Nusantara” dimana selaku umat Hindu yang merupakan Aparatur Sipil Negara tidak saja memiliki kewajiban melaksanakan Dharma Agama, namun juga Dharma Negara, yang menjadi wujud pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia agar senantiasa tercipta harmoni di seluruh wilayah Nusantara.

Walikota Mataram H. Ahyar Abduh pun mengamini hal tersebut. Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Lalu Martawang, Walikota menyampaikan Aparatur Sipil Negara berkewajiban untuk berperan menjaga keharmonisan kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran ini juga sejalan dengan konsep Tri Hita Karana dalam agama Hindu yang menekankan keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, dengan lingkungan, dan dengan sesama manusia.

Lebih lanjut Walikota mengajak seluruh ASN Lingkup Pemerintah Kota Mataram untuk memaksimalkan peran masing-masing dalam melayani masyarakat, dan menjadi aparatur negara yang bersih dan penuh pengabdian. Karena, melaksanakan pekerjaan dengan benar dan sesuai aturan juga merupakan bagian dari bhakti kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Acara Dharma Santi dimeriahkan juga dengan gelar tari-tarian dan penampilan Sekeha Gong Banjar Dharma Yasa yang seluruhnya beranggotakan pegawai Hindu Pemerintah Kota Mataram. (ade-humas)

Share:
Tags: