preloader

Search Here

Bagian Organisasi









NAMA :


JABATAN :


TELEPON :


EMAIL :


ALAMAT OPD :


WEBSITE :






Bagian Organisasi merupakan Unit Kerja pada Sekretariat Daerah yang berada di kantor Walikota Mataram Jl. Pejanggik No. 16 Mataram  yang dipimpin oleh kepala Bagian  berkedudukan di bawah Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah. Didalam Pendayagunaan Sumber Daya Aparatur, peranan Bagian Organisasi sangat penting dalam mengatur serta menggerakkan mekanisme kerja dalam suatu sistem Pemerintahan. 


VISI MISI BAGIAN ORGANISASI

VISI

Mendorong pelaksanaan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan pendayagunaan aparatur untuk optimalisasi pelayanan publik.

MISI

Menjadi Katalisator penataan system manajemen perangkat daerah yang efektif dan efesien lingkup pemerintah Kota Mataram.

STRATEGI

  1. Merumuskan kelembagaan yang right sizing
  2. Merumuskan pelaksanaan business process
  3. Merumuskan pelaksanaan Sistem Manajemen Aparatur Pemerintah.

 

Bagian Organisasi dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Asisten Administrasi Umum.

Berdasarkan Peraturan Walikota Mataram Nomor 32 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Kota Mataram Bagian Organisasi mempunyai tugas dan fungsi menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang kelembagaan, tatalaksana, analisis jabatan dan kepegawaian, administrasi pelayanan publik serta peningkatan kinerja organisasi.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut  diatas, Bagian Organisasi mempunyai fungsi  :

  • pelaksanaan penyiapan perumusan kebijakan di bidang organisasi, analisis jabatan dan kepegawaian, pelayanan publik serta peningkatan kinerja organisasi;
  • pelaksanaan koordinasi dan penyusunan program kegiatan serta petunjuk teknis pelaksanaan di bidang kelembagaan, ketatalaksanaan, analisis jabatan dan kepegawaian, pelayanan publik serta peningkatan kinerja organisasi;;
  • pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di bidang kelembagaan, ketatalaksanaan, analisis jabatan dan kepegawaian, pelayanan publik serta peningkatan kinerja organisasi; 
  • pelaksanaan pembinaan teknis, administrasi serta sumber daya di bidang kelembagaan, ketatalaksanaan, analisis jabatan dan kepegawaian, pelayanan publik serta peningkatan kinerja organisasi;dan
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten.

  

PROGRAM/KEGIATAN  BAGIAN ORGANISASI

NO.

PROGRAM KERJA

A.

PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

 

  1. Penyediaan alat tulis kantor

 

  1. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan

 

  1. Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor

 

  1. Penyediaan Administrasi Keuangan

B.

PROGRAM PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA APARATUR

 

     Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas /operasional

 

 

C.

PROGRAM PENYELAMATAN DAN PELESTARIAN DOKUMEN/ARSIP DAERAH

 

     Pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah

 

 

D.

PROGRAM PENATAAN KETATALAKSANAAN

 

  1. Review Standar Operting Prosedur (SOP)

 

  1. Penyusunan LKIP dan Rencana Kerja

 

  1. Penyusunan Perjanjian Kinerja

D.

PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

 

  1. Pengukuran Kualitas Pelayanan Publik

 

  1. Pembinaan Asistensi Pelayanan Publik

 

  1. Peningkatan Kualitas Bussines Proses

 

  1. Desk Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

E.

PROGRAM PENATAAN DAERAH, ORGANISASI DAN KETATALAKSANAAN SERTA PAN

 

  1. Pengkajian dan penyempurnaan penataan perangkat daerah

 

  1. Penyusunan dan Penyempurnaan Tupoksi Perangkat Dearah

 

  1. Peningkatan Kapasitas Reformasi Birokrasi

F.

PROGRAM PENGUATAN SDM ASN

 

  1. Penyusunan Analisis Beban Kerja Perangkat Daerah

 

  1. Penyusunan Analisis Jabatan Perangkat Daerah

 

  1. Penyusunan Evaluasi Jabatan Perangkat Daerah